Jaga Lingkungan Pemuda Rawang Gunung Malelo Bersama Aktivis Lingkungan Hidup Gotong Royong Bersihkan Kawasan Mangrove

BERBAGI

Lplh-indonesia,Pessel,Sutera:

Guna menjaga kawasan hutan mangrove di kabupaten pesisir selatan dari kepunahan para pemuda rawang gunung malelo kecamatan sutera bersama aktivis lingkungan hidup AJPLH (Aliansi Jurnalis Penyelamat Lingkungan Hidup) minggu 18/09/2022 melakukan gotong – royong untuk membersihkan kawasan hutan mangrove.

Bertujuan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian alam serta kebersihan lingkungan harapan kedepanya kegiatan ini untuk menjalin silahturahmi antar pemuda yang peduli akan lingkungan,”ungkap fauzan

Fauzan yang merupakan ketua dalam kegiatan tersebut berpesan kepada semua yang hadir untuk selalu menjaga kelestarian hutan mangrve karena mangrove memiliki dua fungsi yaitu fungsi ekologis dan fungsi ekonomis. Adapun, fungsi ekologis dari hutan mangrove yaitu sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, atau berkembang biak binatang laut. Selain itu, hutan mangrove dapat berfungsi sebagai stabilisator garis pantai.

Terpisah soni ketua umum Aliansi Jurnalis Penyelamat Lingkungan Hidup mengatakan bahwa Hutan mangrove sendiri adalah salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi. Biasanya, hutan ini didominasi dengan tumbuhan berkayu dan tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis.

Adapun fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah mencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang laut.

Selain itu, hutan mangrove juga mempunyai beberapa keterikatan dan kontribusi dalam pemenuhan manusia, baik dalam penyediaan bahan pangan, papan, atau kesehatan. Untuk itu, upaya pelestarian hutan mangrove sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan ekosistem.

Mangrove juga berguna untuk menyerap karbon dan berguna untuk mengurangi emisi diudara karena mangrove dapat menyerap karbon lebih besar dibandingkan dengan hutan trofis dan gambut,”terang soni.(Team Lplh)

 

BERBAGI